Monday, March 3, 2008

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara userdengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusiprogram user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu denganadanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasimempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :
  1. Perangkat Keras, merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari : CPU, memory dan perangkat inputoutput.
  2. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasipenggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-useryang berbeda.
  3. Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untukmenyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler, sistembasis data, video games, program bisnis dan lain-lain.
  4. User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.
Sistem operasi didefinisikan sebagai :
• Resource allocator
Sistem operasi mengatur dan mengalokasikan sumber daya – sumber daya sistem komputer
• Program control
Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi input output.
• Kernel
Sistem operasi sering disebut kernel, yaitu suatu program yang berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).

##SISTEM BATCH MULTYPROGRAM##
Beberapa job dikumpulkan oleh sistem operasi pada memory utama pada waktu yang sama, seperti pada Gambar 1-3. Kumpulan job ini merupakan bagian dari job yang disimpan pada pool (job pool). Job pool berisi job-job yang sudah siap dieksekusi. Jumlah job dapat disimpan bersama-sama pada memory biasanya lebih kecil daripada jumlah job yang dapat berada pada job pool. Sistem operasi mengambil beberapa job yang siap untuk dieksekusi untuk diletakkan di memori utama. Jika job yang sedang dieksekusi menunggu beberapa task (seperti proses mount tape drive atau operasi I/O yang harus diselesaikan), maka job tersebut diganti dengan job berikutnya.
Pada sistem multiprogramming, sistem operasi harus menyediakan mekanisme untuk manajemen memori, penjadwalan CPU dan manajemen disk. Sistem operasi multiprogram menyediakan supply untuk I/O routine. Sistem harus dapat mengalokasikan memory untuk beberapa job. Beberapa job yang sudah siap dieksekusi akan dipilih oleh sistem job mana yang akan dieksekusi oleh CPU. Perangkat apa saja yang diperlukan oleh setiap job juga harus dialokasikan oleh sistem.

Artikel lengkapnya silakan klik di sini
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

0 comments:

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web