Saturday, January 9, 2010

Edit menu GRUB untuk Win7

Ternyata setelah peristiwa hilangnya grub yang mengakibatkan saya tidak bisa mengakses ubuntu 9.10 sudah terselesaikan, masih ada masalah yang menunggu berikutnya. Saya tidak bisa mengakses windows 7 yang baru saja diinstal. Namun dengan bantuan google sekarang semua sudah berjalan dengan normal lagi. Menu yang ada pada GRUB tidak mengakses win7, jadi saya harus mengedit menu GRUB untuk win7.
Dengan label Grub 2 Win7 fail to start. coba saya telusuri apa gerangan yang terjadi. kemudian saya temukan ini :
Karmic 9.10
grub2 1.96.20090611-1ubuntu4
I have Ubuntu on sda (SATA) and Windows 7 RC on sdb (IDE)
Grub finds and builds a menu entry for Windows 7 RC, but Windows 7 fails to boot. It says "Windows Starting" and then reboots.
I have a manual entry where I have removed the lines
search --no-floppy --fs-uuid --set 48bc24d9bc24c374 (label partisi windows di pc anda bisa dilihat di /media/, mount dulu sebelum melihat)
drivemap -s (hd0) ${root}
and this one works fine.

Untuk bisa mengakses win7 dari GRUB2 kita harus menambahkan 1 baris code pada file grub.cfg, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. buka terminal
  2. login sebagi root
  3. ubah file permission grub.cfg dengan command : chmood 777 /boot/grub/grub.cfg
  4. silahkan edit file /boot/grub/grub.cfg dengan editor favorit : gedit /boot/grub/grub.cfg
  5. masukkan kode di atas
  6. silahkan dicoba
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

0 comments:

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web