Friday, January 29, 2010

Mengenal Maemo

Maemo adalah versi modifikasi dari distribusi Linux Debian yang ditujukan untuk perangkat selular. Maemo menggunakan Sistem X Window yang berbasis grafis yang menggunakan Xomap dan Matchbox window manager; GUI menggunakan GTK + toolkit dan antarmuka pengguna Hildon widget dan API.
BusyBox, sebuah paket perangkat lunak untuk perangkat embedded dan mobile, menggantikan Core Utilitas GNU yang digunakan dalam Debian-proper untuk mengurangi penggunaan memori dan persyaratan penyimpanan (dengan mengorbankan beberapa fungsionalitas tentunya).
ESD digunakan sebagai server suara utama, dan GStreamer yang digunakan oleh media player yang dikirim untuk memutar musik dan film. Format yang didukung oleh GStreamer dapat diperluas dengan mengkompilasi GStreamer plugin di scratchbox (Maemo SDK), misalnya, menambahkan codec ogg ke dalam platform.
Pengelolaan window ditangani oleh Matchbox window manager, yang membatasi layar untuk menampilkan satu window pada satu waktu (Ubuntu Netbook Remix menerapkan sistem serupa). Ini bertujuan untuk meningkatkan daya guna genggam pada perangkat mobile dengan layar kecil.
Walaupun Maemo didasarkan pada Linux dan perangkat lunak open source, beberapa bagian dari Maemo tetap closed source. Beberapa system penyimpanan, status bar dan applet taskbar (termasuk pengatur kecerahan layar applet), beberapa daemon sistem yang berhubungan dengan konektivitas dan manajemen daya.
Maemo pertama muncul pada Nokia 770, yang diluncurkan pada 2 November 2005. N770 memiliki beberapa spesifikasi yaitu akses internet menggunakan koneksi WLAN dengan mesin pencari opera, flash 6, email, pemutar audio dan video, PDF, dan beberapa jenis permainan sederhana. Selanjutnya, Nokia mengeluarkan versi beta dari Nokia 770 yang dilengkapi sistem operasi internet tablet terbaru dan disempurnakan pada 3 Juni 2006. Penyempurnaan ini meliputi penampilan yang lebih menarik, keyboard layar penuh, GoogleTalk di dalamnya, kemampuan mendukung kartu memori hingga 2gigabit, dan peningkatan Linux hingga 2.6.
Evolusi berikutnya dalam platform Maemo adalah Nokia 800 internet tablet yang berisikan Maemo 3. Aplikasi yang ditambahkan adalah Skype/VoIP-calls menggunakan WLAN, kamera yang terintegrasi, Opera 8, dan Flash 7. Nokia 800 ini diluncurkan pada 4 Januari 2007.
Nokia 810, diluncurkan pada 6 Juni 2008, adalah perkembangan sistem internet tablet berikutnya. Dengan Maemo 4, Nokia 810 memiliki QWERTY keyboard yang menyeluruh dengan layar sentuh, sistem pencarian internet MicroB (berbasis teknologi Mozilla), GoogleTalk, kemampuan mendukung perangkat USB dan pemutar media Windows, dan GPS di dalamnya.
Maemo 5, atau Fremantle, merupakan evolusi besar dari platform Maemo. Maemo 5 diperkenalkan sebagai penghubung antarmuka pengguna (UI) dengan layar sentuh yang secara keseluruhan didesain ulang, fitur telepon selular, dan Dashboard yang serbabisa dan serbalangsung, yang memperkuat Nokia 900.
(sumber : wikipedia)
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

0 comments:

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web