Wednesday, February 24, 2010

JoomSEF Penyebab Error Web Saya

Kemaren setelah jalan-jalan di forum sebelah, nggak sengaja liat diskusi membernya mengenai shorting url di joomla. Tanpa banyak cingcong, langsung tak buka aja tu thread. Pertama ikut nimbrung, TS nya nanya gimana cara ngebuat url yang pendek dari sebuah url yang panjang. Url panjang itu sebenernya juga udah hasil produksi dari modul rewrite.

Ternyata ada component joomla yang namanya Artio JoomSEF. Component ini gunanya untuk memperpendek url yang mengarah ke konten joomla. Jadi url hasil keluarannya nanti bisa lebih pendek dan lebih mudah diingat.

Namun karena ingin berlagak keren, saya coba-coba buat mainin componen ini. Saya coba isi kotak file suffix nya. Awalnya bernilai kosong, kemudian saya isi dengan ".jsp".
Biar dikiranya web joomla saya ini web servlet. Kemudian saya klik tombol "Update URLs". Saya masih belom merasa kalau ada yang berubah dari web saya.

Ketika saya reload halaman utamanya, terlihat tidak ada yang berubah. Namun, pas ngeklik salah satu link yang menuju ke artikelnya, muncul halaman error 404. Ah, kepikiran dah langsung buat ngeformat lagi nih.

Keberuntungan masih berpihak di kepala saya, hehehe. Saya balikin semua ke setting defaultnya. Semua yang mulanya kosong juga dikosongin. Coba reload lagi, ternyata masih ngefek settingan kacau dari artio JoomSEF nya.

Entah dapat inspirasi dari mana untuk nge-klik tombol "clear cache" dan kemudian me-reload lagi halaman utamanya. Saya lihat urlnya sudah kembali seperti sebelum saya instal component artio JoomSEF.

Sekarang kondisinya udah kembali lagi normal, tetapi masih panjang-panjang urlnya. Tapi tidak apa-apalah dari pada yang muncul error 404 :D.
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

3 comments:

ioni on March 7, 2010 at 9:57 AM said...

bukannya kalo pengen memperpendek alamat url web joomla sudah tersedia ya di joomla nya??

setau saya sih,begini caranya :
1.Buka extensions>Plugin Manager dan cari "System-SEF" serta pastikan plugin tersebut enabled
2.Buka Global Configuration dan pada tab SITE sebelah kanan ada"SEO Setting" , klik ke radio button yes yang ada judulnya"Search Engine Friendly URLs"
3. Setelah semua selesai.... langkah selanjutnya anda harus merubah file "htaccess.txt" menjadi ".htaccess" di file manager joomla kamu. Setelah semua selesai, silahkan coba browsing ke web joomla kamu...
dan BIM SALABIM....
url web kamu udah gag panjang lagi (HOREEEEE!!!)

itu sih sepengetahuan aq....
jika ada salahnya,mohon maaf :D

Sugank on March 8, 2010 at 8:33 PM said...

oi bro....
tapi klo pake komponen SEO...
yang mulanya
http://bitofcloud.com/section/kategori/blablabla/bablabla/artikel.html
bisa jadi
http://bitofcloud.com/kategori/artikel.html

ringkas mana hayo???:D

Anonymous said...

bener kok kata om ioni, caranya gitu doank. dan jadi deh http://sitekamu.com/kategori/artikel.html :)

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web