Monday, February 8, 2010

Menggunakan Tool Bootrec.exe Pada Windows Recovery Environment

Pernah mengalami gagal booting? Berikut saya akan berbagi tips untuk teman-teman yang memakai windows7 atau windows vista yang mungkin mengalami maslah yang saya pernah dapatkan. Ketika saya memakai 2 sistem operasi yaitu Ubuntu dan windows, suatu ketika ada suatu file yang hilang hingga mengakibatkan saya harus menginstal ulang windows. Nah ketika windows sudah selesai diinstal hilanglah boot loadernya, kebetuan yang saya gunakan adalah grub.
Masalah diatas selesai dengan menggunakan cara pada konten yang pernah saya tulis yang berjudul Edit menu GRUB untuk Win7 dan Menginstal Ulang GRUB. Namun ternyata loader yang dipakai untuk windows 7 yang baru saja terinstal tidak menggunakan loader windows 7, tapi menggunakan loadernya windows vista. Apa sebabnya terjadi seperti itu saya juga kurang tahu. Mungkin loader windows vista masih nyangkut di dalam grub (mohon koreksi kalau salah).
Nah suatu ketika ada sebuah file yang hilang, windows 7 saya tidak bisa booting lagi. Berikut ini akan saya tuliskan beberapa tool yang bisa dgunakan untuk memperbaiki windows 7 atau vista yang tidak bisa booting. Tool ini ada di dalam cd installer windows yang disebut “Windows Recovery Environment”.
Tool yang digunakan dalam Windows Recovery Environment adalah Bootrec.exe. Tool ini digunakan untuk memperbaiki :
• Master boot record (MBR)
• Boot sector
• Boot Configuration Data (BCD) store
Saya sarankan anda sebelum anda menggunakan tool ini, cobalah terlebih dahulu menu Startup Repair pada kotak dialog System Recovery Options. Jika startup repair masih tidak bisa memperbaikinya, baru gunakan tool Bootrec.exe ini.
Untuk menggunakan tool Bootrec.exe lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
Lakukan booting dari cd installer windows 7 atau windows vista.
Setelah memilih pilihan bahasa, metode input keyboard dan lain sabegainya pilih next.
Klik repair your computer.
Pilih system operasi yang akan diperbaiki.
Pada kotak dialog system recovery options, pilih command prompt.
Ketikkan bootrec.exe, kemudian tekan enter.
Perintah yang bisa dieksekusi oleh bootrec.exe :
/FixMbr
Perintah ini digunakan untuk menulis ulang MBR ke dalam partisi sistem. Perintah ini tidak akan meng-overwrite partisi yang ada. Gunakan perintah ini jika anda harus memperbaiki kerusakan pada MBR atau jika anda perlu menghapus “non-standard code” dari MBR.
/FixBoot
Perintah ini dapat digunakan untuk menulis boot sector yang baru ke dalam partisi sistem. Jika anda menggunakan perintah ini maka seandainya ada grub di partisi anda, maka grub tersebut akan hilang.
/ScanOs
Perintah ini digunakan untuk memeriksa semua sistem operasi yang kompatibel dengan windows vista atau windows 7.
/RebuildBcd
Perintah ini akan menulis kembali daftar os yang akan anda masukkan ke dalam menu pilihan pada saat booting. Sistem operasi yang bisa dimasukkan hanya sistemm operasi yang kompatibel dengan windows vista atau windows 7.

Tips di atas dapat digunakan pada :
Windows Vista Ultimate
Windows Vista Enterprise
Windows Vista Business
Windows Vista Home Premium
Windows Vista Home Basic
Windows Vista Business 64-bit Edition
Windows Vista Enterprise 64-bit Edition
Windows Vista Home Premium 64-bit Edition
Windows Vista Home Basic 64-bit Edition
Windows Vista Ultimate 64-bit Edition
Windows 7 Enterprise
Windows 7 Enterprise N
Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Premium N
Windows 7 Professional
Windows 7 Professional N
Windows 7 Starter
Windows 7 Starter N
Windows 7 Ultimate
Windows 7 Ultimate N



nowgoogle.com adalah multiple search engine popular
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

6 comments:

sda on February 9, 2010 at 12:06 AM said...

makasih tipsnya, artikel sangat bermanfaat.

narti on February 9, 2010 at 12:07 AM said...

waduh gk ngerti yg seperti ini.
belajar dari sini, thanks yah.

warcoff on February 9, 2010 at 8:04 AM said...

tq infonya bro, sungguh bermanfaat :)

☼►100ABC Blog◄☼ on February 9, 2010 at 2:56 PM said...

Wooow keren,
Saya masih menggunakan windows Xp, suatu saat saya pasti akan butuh ini ijin saya simpan ya.

♥ria♥ on February 9, 2010 at 5:46 PM said...

aku masih make windows XP dikantor ^__^

ina on February 10, 2010 at 7:30 PM said...

mubeng kag... hihihihi :)

dukung Na yuk :)
Suka dengan tulisan2 ina????,, Bantu dengan Vote Disini
Pilih Nafsul Muthmainah | http://inamuth2.blogspot.com Thanks kakag :)

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web