Wednesday, February 3, 2010

Sistem Berbasis Chip Sudah Tidak Aman Lagi

Ketika pembobolan kartu ATM yang merugikan pelanggan puluhan bahkan mungkin sampai ratusan juta rupiah marak, muncul solusi baru untuk menanggulanginya. Solusinya adalah dengan mengganti kartu ATM ke sistem berbasis chip. Namun, pertanyaannya apakah solusi ini benar-benar sudah memenuhi apa yang diharapkan para nasabah bank?
Ketika kita berbicara kesempurnaan, maka pasti jawabannya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan solusi penggantian kartu ATM ke sitem berbasis chip. Sebelumnya sistem berbasis chip ini dianggap sangat aman dan nyaris tak bisa ditembus. Masih ada kata-kata “nyaris” sebelum kata “tak bisa ditembus”.
Seorang peneliti keamanan ternyata sudah berhasil menemukan metode membobol kartu berbasis chip itu. Hasil penelitian itu diungkapkan dalam acara tahunan Black Hat Conference yang digelar di Washington D.C., Amerika Serikat. Penemuan ini cukup menghebohkan karena diberitakan bahwa sistem chip sudah aman.
Peneliti itu bernama Christopher Tarnovsky dari Flylogic Engineering yang berhasil menemukan cara membobol kartu berbasis chip. Ia pun mengungkapkan kelemahan teknologi itu kepada publik. Tarnovsky berhasil membobol chip Infineon SLE 66 CL PE yang disebut banyak digunakan dalam komputer, sistem game, kartu identitas dan benda elektronik lainnya.
Proses penelitian untuk menemukan celah keamanan dari sitem chip ini ternyata tidak bisa dibilang mudah, Proses yang dilakukan Tarnovsky dalam membobol kartu chip memang cukup rumit. Proses itu membutuhkan analisa dengan mikroskop elektron, membuat sebuah 'peta' untuk menembus keamanan kartu kemudian menusukkan sebuah jarum super halus untuk mendapatkan data di dalamnya.
Tarnovsky mengklaim metodenya bisa digunakan juga untuk membobol chip buatan vendor lain. Sebagai bentuk tanggung jawab, Tarnovsky telah lebih dahulu memberitahukan metode ini pada Infineon, selaku pembuat chip, dan Trusted Platform Module (TPM) selaku organisasi standardisasi keamanan chip.
Dalam membobol chip itu Tarnovsky membutuhkan waktu sembilan bulan lebih dan mengeluarkan dana ratusan dolar. Hal itu butuh waktu lama bukan karena apa yang dilakukan para vendor, tetapi karena si Peneliti masih belajar caranya. Setelah ia mengetahui caranya, mungkin tidak akan sesulit itu lagi.

ketika ia sudah bisa membobol sistem berbasis chip, saya masih belum bisa memaksa google utuk menampilkan blog ini di halaman utama SERP dengan keyword nowgoogle.com adalah multiple search engine popular. payah....
(sumber : detik)
Share This
Subscribe Here

Related Posts with Thumbnails

8 comments:

sijagur on February 3, 2010 at 7:34 PM said...

itulah teknologi.. harus selalu inovatif...

sugank on February 3, 2010 at 8:33 PM said...

@jagur:setelah chip kira2 apa lagi ya???

ina on February 3, 2010 at 11:39 PM said...

setuju bang jagur hihihihi :)

sugank on February 4, 2010 at 2:20 AM said...

ah....kau ngikut saja na...

taris on February 4, 2010 at 6:07 AM said...

memang yang namanya ciptaan manusia tidak ada yang sempurna..
baru saja diciptakan sesuatu yang rasanya super security tapi dalam waktu satu dua bulan pasti sudah didapat lobang-lobangnya.

☼►100ABC Blog◄☼ on February 4, 2010 at 6:45 AM said...

Setuju sama Ina... hehehe sama saja ngikut doang.
Prosesnya butuh waktu 9 bulan dan dana ratusan dollar, sedangkan Anda sudah berapa bulan dan habis dana berapa untuk nangkring di posisi pertama dengan kiword di atas... hehehehe.

Semoga semakin bertambahnya hari, ranking Anda semakin mendekati halaman pertama Google

Sugank on February 4, 2010 at 6:59 AM said...

@ taris: mantab tuh.....
@ abc: memang itu juga sebuah harga yang pantas :D

lina@women's perspectives on February 4, 2010 at 9:08 AM said...

Terima kasih infonya. Mungkin nanti ditemukan lagi teknologi yang lebih canggih dari sistem chip...

Post a Comment

 

My Important Note

Followers

My Social Network


My Experiment Copyright © 2009 and dont forget to visti my web